Wednesday, June 15, 2011

Taufiq Kiemas Sarankan Gaji PNS Naik untuk Cegah Korupsi

Jakarta: Ketua MPR Taufiq Kiemas prihatin dengan hasil survei internasional yang menempatkan posisi Indonesia sebagai negara yang rendah dalam pemberantasan korupsi. Menurut Kiemas, kenaikan gaji dan remunerasi Pegawai Negeri Sipil merupakan salah satu jalan keluar dari lingkaran korupsi.

“Saya kira pemerintah sudah mampu menaikkan gaji. Semuanya dinaikkan lagi. Remunerasi itu pasti efektif, paling tidak ada sistem,” kata Taufiq Kiemas di gedung DPR/MPR RI, Jakarta, Selasa (14/6).

Menurut Kiemas, masalah pemberantasan korupsi menjadi tugas DPR dan pemerintah. Keduanya harus saling mengontrol. Dengan demikian korupsi dapat ditekan dan Indonesia tak lagi tercemar di mata dunia.

Suami Ketua Umum PDI Perjuangan ini menuturkan, tempat korupsi terjadi di lembaga pengawas dan diawasi. Karena itu, gaji PNS perlu dinaikkan supaya korupsi tidak sistemik terjadi.

Survei internasional yang dibiayai oleh Neukom Family Foundation, Bill & Melinda Gates Foundation, dan Lexis Nexis ini merilis hasil surveinya pada 13 Juni 2011 di Washington DC, Amerika Serikat. Hasil survei itu jelas menyebut Indonesia menduduki peringkat rendah pada ketiadaan pemberantasan korupsi dan akses pada keadilan sipil.

Sumber

No comments:

Post a Comment